Saturday, December 10, 2011

Why women can't read maps?

Okeh, ini bukan cuma pengen ceritain kebodohan gw dalam baca peta. Iyah, gw gak bisa baca peta. Gw sadar gw gak bisa pas jaman SMA, tepatnya kelas tiga. Jaman disuruh jadi panitia buat pensi taunan, pas gw ditunjuk sebagai humas. Keren yeh kedengerannya? Beneran nggak koq. Pas deket2 acara jadi sering bolos buat promosiin sambil jualan tiket pre-sale ke sekolah2 dan kampus2. Nempel2in poster di berbagai tempat. Gw tempelin di tempat sewa komik langganan gw, tempat makan langganan gw pas abis minjem komik.

Dan pada suatu siang, gw dan partner gw, sebut saja namanya Padang. Because he is a padang, the most padang of all padang at school pokoknya. Kita berdua kebagian buat wilayah Jakarta Utara. Oh iya, ada satu guru yang ijinin anak2nya bolos untuk kepentingan acara, yaitu guru Ekonomi. Sounds nice yah? Gak juga. Nilai harian (tugas, presentasi dan quiz yang hampir tiap minggu) itu harus rata2 diatas delapan. Agak jibaku buat dapetin nilainya. Terus si Padang? Dia duduk pas belakang gw, jadi tinggal nyontek. Kampret abis emang tuh bocah. Padahal jaman SD-SMP lucu dan kiyut, begitu SMA koq jadi bengal yeh?

Enihu... Setelah dapet ijin buat bolos pelajaran Ekonomi, kita berdua meluncur ke Jakarta Utara. Dan inilah percakapan pas di mobil:

Padang: Lo tau jalan gak?
Gw : Gw gak pernah sentuh daerah Utara
Padang: Di belakang ada peta, bisa baca?
Gw: Nggak
Padang: Najis lo, sampah abis. Gw yang nyetir, gw yang musti cari jalan dan gw jg yang musti baca peta. Gak guna
Gw: Tapi gw beliin bensin kan?

Hening...

Dan kemarin kejadian gw gak bisa baca peta dan buta arah kembali menjadi masalah. Gw janjian sama temen SMA gw, Arin. Kita janjian ketemu di Hongkong Cafe (Toastnya enak, sumpah). Dan setelah ngobrol ngalor ngidul sangat tidak penting, kita memutuskan nonton di Djaktet. Udah capek2 cari parkir yang sumpah penuh pol, ternyata kita ketinggalan. Dem. Dan akhirnya si Arin punya ide untuk cari tempat nonton yang lain.

Arin: Yas, gimana kalo kita ke TIM atau megaria
Gw: Bebas aja, gw bisa2 aja
Arin: Oke, jadi enakan ke mana?
Gw: Deketan mana?

Hening...

Arin: Kita duduk dulu yuk, koq tiba2 gw blank
Gw: Sama (tapi gw sih gak tiba2)
Arin: Oke, kalo ke TIM, kita lewat tugu tani
Gw: Oke
Arin: itu lewat mana?
Gw: Gak tau, lo sebut tugu tani, yang ada di otak gw cuma tugu taninya doang
Arin: (beberapa menit kemudian) ih kita koq tolol banget, kan tinggal lewat sabang terus lurus aja
Gw: Oh iya (sok tau, pdhal masih gak ada bayangan, selain bayangin tugu Tani dan rumah makan di sebelahnya)
Arin: Kalo megaria?
Gw: Muter di bunderan HI trs diponegoro, nyampe (rute pulang jaman pujitsu)
Arin: Oke, TIM aja deh

Begitu sampe Sabang.

Arin: Yas, ini kita kemana?
Gw: Lurus aja (sok tau, gw cuma patokan sama dia yang bilang dari sabang lurus terus bakal sampe tugu tani)

Why women cant read maps yah? It sucks. I mean, I want to be out there then feel no afraid and no worry I will get lost just because I don't know the way back home. I want to see the sun and know where is north, then I can find my way home. I know God by His own thought and consideration created women with all their strengths and weaknesses, and one of the weakness is can't read maps. Well at least, I have many strengths to make me could afford taxi, fufufu...

Dan akhirnya setelah kelewatan dan harus muter agak jauh, nyampe jugalah kita berdua di TIM. Dan ternyata tetep ketinggalan film yang pengen dia tonton, tapi karena gak rela perjuangan kita berakhir gitu aja, akhirnya memutuskan nonton Machine Gun Preacher. Bagus? Gak juga, standar. Ide ceritanya bagus padahal, tapi plot, akting dan skenarionya cupu banget, parah. Dem yu Miki dan Dinski yang bilang film ini bagus. Sayang, coba kalo digarap dengan lebih serius, film ini bisa bagus.

Dan yang bikin bete lagi, film ini kebanyakan ngumbar F word. Berasa nonton film jaman dulu. Dulu jaman SMA, entah kesambet apa, guru gw ada yang nyuruh sekelas buat nonton film pendidikan gitu di ruang AV (audio visual yeh, bukan adult video). Film indonesia. Tentang narkoba dsb, bahayanya dsb. Jadi yang disorot adalah anak2 bandel yang akhirnya terjerumus. Tapi konyolnya, ngumbar banyak banget kata "anjing". Dan akhirnya, gw dan beberapa temen gw yang duduk di pojok belakang, ketawa tiap ada yang ngumpat "anjing"

As a girl who born and raised in Jakarta, gw tau mana orang yang biasa ngomong anjing dan nggak, ngahahaha.

Yes, I'm proud to be "anak kota Jakarta". At least I don't need to be social climber just to be considered as one.

No comments:

Post a Comment