Thursday, September 15, 2016

Pre-pre-school

Yes, Bumi udah gua masukin ke PAUD deket rumah gua. Kenapa gua masukin dia ke sekolah padahal umur juga belom nyampe 2 taun? Karena gua pengen dia cepet baca? Cepet bisa berhitung? Cepet belajar bahasa asing? Nope. Simply because koq ya si Bumi tuh sumeh amat yaks? Kalo lagi ke mall, ada anak gedean dikit, dia suka nyamper2in sambil nyengir ngarep diajak maen.

Akhirnya setelah negosiasi alot sama kepala PAUD, yang tetangga sebelah gua banget, akhirnya...Bumi boleh masuk sekolah di umur 1,5 taun. 

Terus ngapain aja dia pas sekolah? Well, as expected of a one year old toddler, dia gak bisa duduk diem lama. Gurunya bacain buku cerita, dia dipangku sebentar, abis itu kabur. Lari ke arah perosotan. Disuruh ngewarnain, coret2 semenit, banting2 krayon terus asik nyusun krayon ke kotaknya. Berantakin lagi, susun lagi. Jadi sepanjang pelajaran selama 90 menit, dua kali seminggu itu, ya dia diem 5 menit. Sisanya kabur main perosotan, rebutan mobil2an, lari2 dan main ayunan.

And I have no problem with that, paling ngos2an ngejarnya. He's happy, and that's all that matters. Never push him to go to school, but he already knows his ritual to go to school after wear that cute purple uniform, and he always seems can hardly wait to go there.

Ada yang masukin anaknya sekolah demi sosialisasi sama anak sebaya, and well, simply put, that's one of my reason to enroll him. But I don't have many expectation about that. Dia kayanya belum bisa berbagi mainan, tapi kalo direbut ya gak sewot atau mewek. Paling cuma nunjuk mainannya sambil bilang "Mamah!!! Jeh! Jeh!!". Then I just respond "Iya, mobilnya dipinjem kakaknya, Bumi main yang lain,". Until now, he never makes a scene, and I'm truly grateful for that.

Dan gua pilih PAUD mana? Gua pilih yang deket rumah aja, yang jalan kaki cuma lima menit nyampe. Dengan uang bulanan cuma 100rebuan. Pertama karena, gua kagak ada mobil buat nganter dia sekolah jauh2, mobil kan dipake Adit buat ngantor. Dan kemudian, uang bulanan murah. Awalnya kepikiran masukin sekolah mahal, tapi daripada gua musti kerja ninggalin anak dari Senen sampe Jumat demi nyekolahin dia di sekolah mahal, mending masukin ke sekolah murah tapi bisa gua anterin dan awasin terus.

I'm not against the idea of enrolling a kid to a good yet pricey tuition fee. Tapi sampe sekarang, kayanya masih belum perlu. Untuk anak seumuran Bumi, mana dia peduli dia masuk sekolah mahal atau murah, he won't know the differnce. He just needs me to be around and protect him. Mungkin nanti akan ada tuntutan lebih untuk sekolah bagus, but now, it is more than enough.




No comments:

Post a Comment