Sunday, July 10, 2011

trashy thought

Beberapa minggu yang lalu, departemen tempat gw kerja mengadakan Field Trip ke daerah Pelabuhan Ratu. Jangan tanya judul field tripnya, gw kagak apal. Gw aja baru tau judulnya pas bikin expense report buat perdiem. Judulnya panjang, gw gak inget. Dan agak gak peduli juga sih. Disana juga kerjaan gw cuma foto2, nyari kerang, foto2 lagi, nyari kerang lagi.

Disana kita nginep di penginapan yang menyediakan satu kamar khusus yang diperuntukkan untuk si ratu pantai selatan itu. Kamarnya gimana? Kecil. Kyaq kamar kos2an. Semuanya hijau. Wallpaper, hordeng (bahasa indonesia buat curtain apa sih? kalo bahasa bekasinya mah hordeng), karpet, seprai, sarung bantal, semuanya hijau. Wangi dupa. Ngingetin kamar si mama yang suka bakar2 dupa aromatherapy.

Dan hotel itu emang terkenal serem. Takut? Pastinyalah. Sedikit atau banyak, pasti kita bakal takut kalo denger sesuatu yang mistis gitu. Terus gimana dong? Ya udah, gak masalah koq kalau takut, yang penting jangan berlebihan. Yang gw maksud berlebihan disini adalah:

1. Seketika sholat Tahajud

Gara2 tempat itu serem, akhirnya ada yang nyuruh sholat Tahajud. Gw gak tau sih akhirnya ada yang melakukan apa nggak. Tapi gw gak suka alasannya. Biasanya orang sholat Tahajud karena pengen minta sesuatu ke Allah, atau sekedar kebiasaan karena memang udah biasa melakukan. Kyaq si mama yang sering melakukannya, dan akhirnya badannya udah kebiasa bangun tengah malam walau gak disengaja.

Nah, yang gw gak suka adalah, ngapain sholat Tahajud gara2 takut sama si Ratu itu. Secara nggak langsung itu kyaq mengisyaratkan, kita lebih takut sama si Ratu daripada sama Allah SWT. Ya gak sih? Atau gw aja yang berlebihan? Gw aja yang mikirnya out of line, cross the boundaries?

2. Bawa Al-Quran

Ada perintah, saran, buat para muslim untuk bawa Al-Quran. Gw mikir. Ngapain? Esensi dari Al-Quran itu terletak di isinya kan? Dia dianggap sebagai mukjizat karena isinya kan? Bukan karena dianggap sebagai jimat penolak bala atau jimat penangkal setan kan? Emangnya kalau si Ratu itu tiba2 nyamperin kita, dan kita pamerin Al-Quran, doi bakalan takut terus ilang? Gak juga kan? Dan mending dibaca, cuma dipajang di meja. Buat apaan dibawa? Berat2in tas aja.

Jadi inget kata2 guru ngaji gw dulu si kak Muchlis. Dia bilang selama pelajaran ngaji, dia maunya gw bukan cuma baca, tapi juga nantinya akan ngebahas isinya sama dia. Karena baca aja gak guna, harus tahu arti dari tiap kalimatnya.

Apa kata dia ya kalau tahu Al-Quran sekarang cuma sekedar dijadiin jimat? Marahin mereka Kak, marahiiiin...

Gw takut koq selama disana. Serius deh. Awalnya aja gw mau tidur sendiri di kamar, mau sok berani. Dan pas naik lift, ternyata, yang ke lantai 5 itu cuma gw sendiri. Dan salah satu rekan kerja, yang biasa dipanggil Sotoy, yang turun di lantai 4 barengan sama yang lain, bilang "Hati2 ya Ras ke lantai 5 sendiri"

Dan abis itu pintu lift gak nutup juga setelah beberapa detik. Gw langsung kepikiran, kalau kejebak di lift gimana? Liftnya tua banget, lift taun 60an. Kalau pas gw telpon orangnya, terus dia bilang "Mohon tunggu sebentar ya mbak, teknisi segera meluncur dari Jakarta". Jedang, mati banget gw. Gw langsung berimajinasi, gimana pas selama gw sendirian terjebak di lift terus tiba2 ada yang nepuk pundak gw, terus negur "Sendirian aja neng?"

Dan gw langsung keluar dari lift, dan langsung manggil temen gw, dan minta tidur bareng.

The point is... Takut itu wajar koq. Karena lahir, besar, hidup di lingkungan Indonesia yang nuansa klenik dan mistis itu masih sangat berasa. Mau sok2 belagu pake logika, sok2 berani karena terus meyakinkan diri dilindungi Tuhan, tetep aja, dari kecil udah dicuci otak tentang segala kegiatan mistis itu. Susah diilangin sih emang. Tapi ya jangan terus merendahkan agama sendirilah. Ngomongnya aja selangit, apa2 bawa agama, menilai orang lain dari sudut pandang agama, tapi pada akhirnya, ngerendahin agama sendiri. Ngejelekin agama sendiri. Ngooook...

Udah ah, sebelum gw makin bawel menceracau dan maki2,

over and out

2 comments: