Tuesday, July 10, 2012

Jogjaaaaaaaaaaaaa

Okeh, Sabtu kemarin, tepatnya pada tanggal 7 Juli, ik ke Jogja booo... (mendadak berasa gaul pake bahasa beginian)
Pada hari Sabtu subuh buta, kebangun jam 2an, gak bisa tidur lagi, dan akhirnya jerang air buat mandi sambil leyeh2 di sofa bed depan TV. Coba setel Channel V, tapi lagu2nya Korea mulu (pestol mane pestol?). Akhirnya pasrah leyeh2 doang nunggu air panas masak. Kemudian mandi, keringin rambut pakai kipas angin yang bikin bersin. Entah karena dingin, entah karena debunya. Kemudian taxi datang jam 4 pagi, dan langsung menuju bandara.
Di bandara, nungguin pesawat sambil baca novel dari ceweknya abang gw, "Ronggeng Dukuh Paruk". Lumayan kece ternyata, bahasanya juga ngalir, jadi bacanya enak. Sesaat sebelum depart, telpon si kangmas Aditsu dulu, biar dia sempet kumpulin nyawa dan leyeh2 sebelum jemput. Naik ke pesawat, lanjutin lagi baca kisah si Srintil lagi, dan tamat.
Begitu sampai Jogja, langsung telpon si kangmas Aditsu, atau lebih baik disingkat KMA. Dan doi masih di jalan, dan hanya dalam waktu sekitar lima menit nungguin dia, gw masih sempet2nya nyasar di bandara Adisucipto. Dari sana langsung ke hotel Melia Purosani buat sarapan. Sarapan belagu2an, cuma makan toast dua lembar dengan unsalted butter, dan jam 11an perut gw udah keroncongan. Untung si KMA gak denger.
Perjalanan pertama adalah ke museum Affandi. Yes, Affandi si pelukis. Kece2 yah ternyata lukisannya. Berhubung alirannya ekspresionis impresionis, jadi gw gak perlu jadi pengamat seni dulu buat nikmatin karyanya. Beberapa diantaranya adalah ini:
Parangtritis at Night
Dan juga ini:
Two Roosters
Yang ini gw gak ngerti maksudnya apaan. Tapi strike a pose dululah.


Silau meeeen...
Dari museum Affandi, langsung menuju ke Ullen Sentalu. Dari awal ditanyain sama dia mau kemana aja selama di Jogja, dan gw langsung bilang "Ullen sentaluuuuu". Ullen sentalu itu atas usul si Dska. Karena gw gak ngerti di Jogja itu ada apaan aja, apalagi si KMA sebelumnya udah ke Jogja buat fieldtrip, pasti objek wisata yang standar udah dia jamah, akhirnya gw tanya temen gw si Dska, anak gaul seseantero kota Bekasi. Dia bilang Ullen Sentalu bagus, dan pas gw browsing2, ternyata kece.
Jadi isinya apa Ras di Ullen Sentalu? Ullen Sentalu yang terletak di Kaliurang (macem gw ngerti kaliurang itu dimana), berisi peninggalan2 para putri keraton, mulai dari keraton Jogja sampai keraton Surakarta. Ada foto2 mereka, kain2 batik yang mereka pakai, terus meja riasnya, macem2 deh. Dan dengan membayar 25ribu, kita udah dapet tour guide dan minuman khas salah satu putri keraton yang katanya bikin awet muda.
Sayangnya, di museum ini gak bisa dipoto2 euy. Padahal banyak spot yang kece buat dipoto. Boleh poto2 setelah udah keluar. Yah lumayanlah daripada gak ada kenang2an.

pada hitungan ketiga, Ditsu...

Dan di Ullen Sentalu itu ada restorannya juga. Restorannya lumayan kece, gw pilih di teras, jadi kena semilir angin kaliurang, terus diiringi dengan lagu2 bahasa Belanda, walau kadang ada lagu jadul Indonesia sih. Menunya agak2 londo, tapi errr rasanya biasa. Gak sebelanda yang ada di otak gw. Duh jadi pengen makan di Hema. Eh maap maap, jadi gak pokus. Tapi yah karena makannya sama si KMA mah, jadi gw sangat menikmati makanannya.
chicken something (lupa namanya)
tenderloin something (lupa pula namanya)
Yang bagus disini itu suasana dan momennya, mehehehehehe... Duh I can't stop smiling. *mata menerawang* *dada berdebar2*


untung makannya sama kamu, jadi momennya dapet :-P
Okeh, setelah dari Ullen Sentalu, akhirnya mampir ke Kranggan demi makan es krim. Es krim gelato sih gosipnya, tapi ternyata kyaq es krim biasa. Gw pilih dark chocolate, tapi rasa coklat biasa kyaq walls. Dan gw sengaja pilih di Kranggan walaupun sebenarnya ada cabang juga di Maliboro adalah karena, katanya yang di Kranggan desain interiornya agak2 berbau Eropa, sedangkan di Malioboro itu modern minimalis. Dan begitu sampai Kranggan, ternyata oh ternyata gak seeropa itu, masih modern minimalis buat gw. Tapi tetep, karena makannya sama si KMA, momennya dapet. Aww...
gelato ndasmu. Masih enakan es krim diamond yang choco chips
Cuma sehari doang di Jogja, jadi gak sempet kemana2 lagi. Dari Kranggan langsung ke bandara, nungguin pesawat menuju Jakarta. Dan, ehm, begitu sampai Cengkareng, sempet2nya makan kentaki dulu. Sayang bukan ayam original, tapi gpp deh, sekali2 makan yang crispy.
Btw time moves so fast, flies by when I spend it with you. Cuma sesaat, tapi berkesan banget.
Makasih yah :-D

1 comment:

  1. Eih, sekitar 2 tahun bolak balik Jogja,jadi kangen... :) Nice note, btw.

    ReplyDelete