Tuesday, July 9, 2013

Until we meet again, Tom

Minggu pagi di bulan Juni, gua bangun sekitar jam setengah delapanan. Bangun langsung ngopi dan mau turun ke bawah, donlot House MD. Terus nyokap gua ngomong dari bawah, "Ras, Tomi kritis". DHEG. Asli gua mendadak gamang, bingung mau ngapain. Akhirnya gua jerang air buat mandi, karena malemnya gua gak bisa tidur, dan mimpi buruk (which will be told later), jadi gua udah lemes banget. Sambil nunggu air, gua nyalain komputer, buka indowebster, dan berencana beres-beres baju yang mau gua bawa ke kosan.

Dan gak nyampe setengah jam, BB nyokap gua berisik abis. Gua gak mikir apa-apa, gua pikir itu kebawelan BBM group temen-temen nyokap, mulai dari grup temen kantor dulu, temen rebanaan, temen senam atau semacamnya. Tiba-tiba nyokap bilang "Ras, Tomi udah gak ada,"

DHEG. Gua makin lemes. Makin gamang. Disitu gua masih belom nangis. Disitu gua cuma diem aja. Blank abis. Pas mandi juga mau cuci muka malah ambil odol dsb. Terus nelponin sang kekasih, bangunin dia karena dia mau beresin thesis lagi. Gua masih belum nangis. 

Dan gua ke rumah Tomi di Cempaka Putih bareng bokap gua, karena nyokap gua masih ribet. Mulai dari mau beli nasi bungkuslah buat orang rumah, nelponin buat kuburan dsb. Pas sampe di rumahnya, gua masih belum nangis, tapi gua udah sesek banget. Tapi gua belum nangis. Eh terus gua liat temen deket gua jaman SMP yang juga temen SMAnya, dan baru disitu gua nangis, dan kejer banget, sesenggukan banget.

Seketika gua keinget momen-momen bodoh ataupun mengharukan gua, Tomi dan Tyas beserta Puput. Kita yang biasanya tiap lebaran ngumpul di lantai dua di rumah dia yang di Rawasari dulu. Ngapain? Gak ngapa-ngapain juga sih, cuma ngungsi karena di lantai bawah udah penuh, jadi kita cari tempat sepi. Dan disana cerita-cerita bego, bercanda, cela-celaan. 

Jadi keinget dulu jaman kelas satu sampe dua SMA, gua les privat bareng dia. Belajar jadi bodor-bodoran gak jelas, dan baru ketauan kalau matematika dia parah banget. Dasar aja dia gak ngerti, dan akhirnya si guru privat gua, harus membagi pelajaran antara gua dan Tomi. Yah even gua bodoh di matematika, gak sampe separah dia kayanya. Dan disitu ketauan dia takut banget sama kecoa. Dan pas gua nengok terakhir, pas hari Sabtu, pacarnya yang nungguin dia selama di RS itu pernah disuruh bunuh kecoa di kamar mandi. Iya, dia nyuruh ceweknya, bukannya dia yang bunuh kecoanya dengan gagah dan macho seperti cowok kebanyakan lainnya.

Jadi inget pas gua ulang tahun kemarin, gua ngajak makan dia dan Tyas, beserta dengan pacar masing-masing, dan temen-temen deketnya si Tomi. Makan dimana? Hanamasa Gading. Gak pernah ya jalan jauh dari Gading, heran. Rebutan lauk, si Tomi yang makan lemak padahal itu biar wajannya gak lengket, lama banget kita di Hanamasa, sampe pas pulang baju gua bau asap. 

Dan si Tomi sempet bilang, tiap taun aja Ras kita kaya gini.

Pernah pas jaman SMA dulu, lagi marak-maraknya flu burung, di rumah dia gak pernah masak ayam goreng. And what did he do? Dia kabur ke rumah gua, minta ayam. Dan akhirnya gua belin KFC-KFCan deket rumah gua yang emang enak, gua beliin sayap sepuluh biji, dan dia abisin gitu aja. Dan sepanjang makan dia bilang "Enak ya ayam goreng itu, brengsek,"

Sepanjang kelas satu dan dua esema, gua dan dia privat bareng. Jadi bisa dibilang gua dan dia emang termasuk sodara yang paling deket, selain sama si Tyas. Nonton Kung Fu Panda bareng dia dan Tyas juga, bareng sama ceweknya dan temennya si Tomi. Ketawa bego. Abis dari situ cari makan lagi di pinggir jalan pake mobil si Anggi. Terus nganterin gua pulang ke rumah. Dan sepanjang di mobil ketawa mulu.

Gua emang gak gitu sering jalan sama dia. Kebanyakan wacana sih jalan sama dia, jarang jadinya. Tapi sekalinya ketemu, pasti selalu ketawa banget. Langsung curhat dari A sampe Z. Jadi sekalinya ketemu emang quality time banget. Tapi sekarang gua berpikir kenapa gak quality time itu dibanyakin juga? Kenapa rencana jalan kita cuma selalu jadi wacana?

Gua baca ulang SMS dari dia, dan sampe sekarang gua masih nangis baca itu.Denger lagu Jimmy Eat World yang Hear You Me, gua nangis. Denger lagu Kelly Clarkson yang Cry, gua beneran nangis lagi. Gua jarang buka Facebook, tapi setelah kepergian dia, gua tiap hari buka Facebook dia. Ngeliatin foto-foto dia. Asli gua kangen parah.

Dan setiap ada kejadian, gua selalu bayangin cerita ke dia, dan gimana reaksi dia. Dan pas kemaren pengajian buat seminggu kepergian dia, gua dateng, ngobrol sama Tyas, dan asli, gua masih ngerasa dia masih disana, masih gak percaya dia gak ada. Lebaran tahun ini gak ada sms atau telpon dari dia. Shit, it hurts.

Dan cerita terakhir dari Tomi ke gua (dan Tyas) sebelum kepergian dia? Dia ngeliat anak2 alay di 7/11 BlokM minum kopi campur autan. Bego. Yes, his last words still could make me laugh.

I miss you, Utomo Wibowo.

No comments:

Post a Comment