Tuesday, July 30, 2013

Jangan Dipukul Rata

Semua orang punya pemikiran dan pertimbangan sendiri. Dalam melakukan sesuatu, dalam menghadapi sesuatu dan dalam menentukan sebuah pilihan. Makanya suka gak ngerti kalo ada yang nyetir orang lain untuk bertindak sesuai pemikirannya. Yah kecuali orang tua yah, dimaklumi sekali kalau mereka mau nyetir anaknya, mereka yang bikin, ibu yang ngelahirin, mereka yang merawat, membesarkan dll. Kalo temen sendiri? Atau sekedar rekan kerja? Atau malah complete stranger? Mereka gak punya hak.

Ada salah satu ustad, eh ustad bukan yah? Gua juga kagak ngerti sih ustad tuh kriterianya apa. Tapi kayanya penceramah biasanya dibilang ustad ye? Mau isi ceramahnya bener ataupun salah. Anyway, sebut saja penceramah dah. Jadi ada satu penceramah yang diagung-agungkan di ranah twitter. Mualaf katanya. Pinter katanya. Tegas katanya. Dan sebagainya. Dia punya gerakan Udah Putusin Aja, yang intinya sih, sangat menolak proses pacaran, kalo bisa langsung kawinin aja.

Salah? Gak juga. Mungkin dia punya pertimbangan sendiri. Kalau seiman dan dirasa baik, kenapa gak langsung nikah? Toh dianjurkan sama agama. Tapi ya kalau ada orang yang memilih menempuh proses pacaran yang agak lama, maupun lama banget kan ya gak salah juga. Misalnya, ehm, gua. Ini bukan justifikasi atau membela diri atau denial atau gimana yah, tapi menurut gua, karena yang namanya pernikahan itu sakral dan suci, gua pengen lebih cautious. 

Semua orang pengen pernikahan sekali seumur hidup, hidup bahagia selamanya. Sampe kakek nenek, sampe ajal menjemput. Okelah, berantem, atau mungkin kabur dari rumah ke rumah orang tua (pulangkan sajaaaa, akuuuuu pada ibukuuuu atau ayahkuuuuuuuu), tapi gak ada big issue such as affair, domestic abuse dsb.

Gak mau juga saat sudah menikah kepikiran "Man, kayanya gua salah pilih,". Seperti yang dialami beberapa orang yang gua kenal. Ada yang pas hampir sebulan sebelum nikah, dia kenalan sama satu cowok, dan mendapatkan sesuatu yang dia gak dapet dari calon suaminya itu. Dan akhirnya selingkuh, dan akhirnya nyesel setengah mati. Awalnya gua kira dia dan selingkuhannya itu cuma fling. Karena dia emang sering banget selingkuh. Then it got me thinking, mungkin dia beberapa kali selingkuh itu adalah karena dia menemukan ada sesuatu yang kurang dari calonnya itu. Tapi dipendem, mau putusin tapi sayang karena udah lama banget pacarannya.

Bukan kekurangan minor seperti gua yang menganggap sang kekasih hatiku itu gak ada romantis-romantisnya (eh curhat), tapi mungkin lebih. Atau ada yang udah puluhan tahun nikah terus bilang "Dulu coba saya sama si itu, dia tuh baik banget, ngertiin saya banget," dll. Dan ada yang setelah nikah kerjaannya ngeluh mulu, dan umur pernikahannya belum nyampe setahun! 

Menurut gua, menikah itu gak menyiksa koq, itu menyenangkan. Asal dengan orang yang tepat. Nah, proses pencarian orang yang tepat ini kan gak gampang. Mungkin harus jatuh bangun dan berdarah-darah dulu. Kalau ada yang mau pake acara perjodohan, atau kenal sebulan terus kawin, ya monggo. Mungkin itu jalan mereka. Kalau ada yang mau proses pengenalan lebih jauh beberapa tahun ya gak salah juga kan?

Dan lucunya, yang tadinya mendukung si penceramah itu dalam gerakan udah putusin aja, ada yang bete gara-gara katanya dia ngetwit dan bilang ibu rumah tangga itu lebih baik dari ibu kantoran. Eh buset dah. Siapa lu?

Just to make it straight, gua berpikir kalau menikah nanti dan punya anak, gua akan berhenti kerja. Iyah RDJ, you don't need to ask me for that, I'll do it willingly for you. Lagian gaji si RDJ di film Avengers juga gede banget, gak perlulah gua kerja lagi. Eh maaf salah fokus.

 Woy, biasa dong muka lo, bikin gak fokus tau!

Karena gua tahu gua itu gak bisa multitasking. Kerjaan gua sekarang ini mengharuskan gua tinggal di kantor kadang sampe jam 8-9, secepet-cepetnya jam setengah enam. Paling sering jam 7an. Beberapa kali kerja sampe lewat tengah malem. Paling kerennya sih sampe jam 2 pagi. Itu biasanya H-1 suatu event. Besoknya bangun jam 5, jam 6 lewat udah di Four Seasons.

Nah kalo gua punya anak, gimana gua ngurusnyaaaa? Ya mending gua di rumah aja, ngurus rumah. Ngurus(in) badan, ngurus anak-anak. Nanti kalo RDJ capek pulang syuting, gua bikinin teh manis anget gitu.

Eh sori OOT. Yah intinya mah, mau jadi ibu pekerja ataupun ibu rumah tangga, yang mana aja oke koq. Gak ada yang salah, gak ada yang lebih bener. Gak usah sok ngejudgelah, macem bener aja hidup lo.

Udah deh, tos dulu dong biar gak slek.

Postingan ini dibuat karena lagi ditinggal bos yang lagi makan siang bareng istrinya buat ngerayain wedding anniversary. Ada kerjaan sih, tapi harus nungguin dia. Jadi nganggur. Jadi pengen nonton House demi liat Hugh Laurie.

Muke lo juga santai dong!

No comments:

Post a Comment