Wednesday, August 14, 2013

Don't Call Me Capeng, I hate that word...

Bye bye lah rencana intimate wedding layaknya di film-film Hollywood itu. Dengan jumlah tamu yang terbilang sangat sedikit untuk kawinan orang Indonesia, dengan suasana keakraban yang menyenangkan dengan orang-orang terdekat. Karena proposal itu langsung ditolak mentah- mentah sama si Mama. "Mama kan mau undang temen-temen pengajian dan rebana Mama!". Dan bokap gua juga yang seperti gua duga akan menolak lebih mentah lagi, "Bapak harus undang semua saudara yang di Magelang, relasi di asosiasi,"

Ya udah deh, selamat tinggal House of Alexandra, Omah Pawon, Kembang Goela dan Pastis. Kalian saya coret dari list wedding venue saya nanti. Ah padahal udah kepikiran survey ke Kembang Goela dan Pastis yang deket kantor sambil nyuri-nyuri waktu ngantor gua nanti.

VENUE

Oke, sekarang harus udah mulai hunting buat venue (baru) lagi. Dengan beberapa syarat dari bokap gua sebagai penyandang dana, harus di tengah kota, harus yang besar, dan ada hotel atau guest housenya buat sesepuh dan sodara dari Magelang. Pilihan pertama jatuh kepada:

1. Bidakara (Birawa atau Binakarna Assembly Hall)

Kenapa Bidakara? Karena ada hotelnya. Keluarga sang kekasih bisa nginep disana, sesepuh dan keluarga dari Magelang juga bisa nginep disana. Besar, karena kata si bokap jumlah tamu diperkirakan akan mencapai 800-1000 orang. Gua sendiri sih sangat suka Birawa (eh bener kan yah Birawa yang tempatnya lebih gede?), karena langit- langit tinggi. Full karpet (jadi gak ada cerita kalo makanan tumpah terus bikin lantai becek dan kotor), desainnya juga gua suka. Parkiran luas dan banyak. Letaknya di tengah kota, semua orang tahu Bidakara.

Minusnya adalah, harus pake in-house catering, yang kalo baca review di internet, koq kurang kece yah penilaiannya. Cuma sedikit yang bilang makanan memuaskan. Ini bikin ketar-ketir. Dan semua kena charge. Dekorasi kena charge 9 juta, catering kena charge 24 juta. Sewa gedungnya sendiri 40 juta. Foto kena charge 1 juta. Yang punya Bidakara mau naik haji.

Tapi kalo orang yang gak mau ribet dan nyari praktis, Bidakara oke sih. Karena kalo pake paket mereka mungkin pretty affordable dan pastinya praktis, gak ribet. Calon mempelai dan keluarganya gak perlu stres. Tapi gua mau catering, make up dan dekor bukan dari mereka, tapi pilihan gua sendiri. Namun bokap bilang Bidakara aja, tapi nanti gua bujuk deh ganti tempat.

2. Puri Ardhya Garini

Karena ada guest house, dengan rate yang sangat affordable. Luas, baik gedung maupun parkiran. Walaupun seinget gua lantainya gak full carpet sih. Minusnya itu gak di tengah kota seperti titah sang ayahanda. Walaupun gua yakin semua orang juga tau sih Puri itu dimana.

Gua belum survey guest housenya sih, tapi kata temen gua guest housenya oke, bersih dan oke. Walaupun gua baca di forum, ada yang bilang agak berbau aneh. Dan dia akalin setiap kamar dia kasih kamper, Bagus Anti Bau, dll. Dan ini kayanya harus gua siapin juga nanti. *tebar-tebar kamper*

Oh iya ratenya sendiri setengahnya Bidakara. "Cuma" dua puluh jutaan. Dan tarif siang atau malam sama, tanggal yang gua mau juga masih available. Tapi kata temen gua kalo udah sreg langsung DP, karena Puri termasuk yang paling diburu. Bisa jadi bulan depan udah ada yang mau ngisi di tanggal yang gua mau.

3. Gedung PTIK

Ini gua pilih semata-mata karena ada guest housenya dan kayanya lebih bisa dibilang tengah kota dibanding Puri. Dan temen gua si Mirabi, yang entah kenapa sangat membenci Puri bilang "Idih Panda, mendingan PTIK bangeeeet, kau akan menyesal nanti pilih Puri,". Tapi PTIK tak berkarpeeeet. Kalo pake karpet dari dekor, duh mahal lagi buat nambah-nambahin karpet gitu. Eh tapi Puri juga gak full karpet sih.

Gua dulu sih pernah dateng ke kawinan disini, tapi jujur gua lupa tempatnya kaya gimana. Mungkin ini yang bakal gua survey kedua setelah Puri. Selain survey gedung, harus survey guest house. Eh bukan guest house sih, tapi kaya mess gitu.

Agak susah sih kalo mau cari gedung oke tengah kota dengan guest house. Sebenernya gua pengen banget di Sasono Adiguna TMII, karena suasana jawanya sangat sangat dapet. Tapi kegedean, karena itu buat 1500 orang lebih. Dan jauh pula, dan gak ada guest house pula. Ah, padahal kece berat nih tempatnya. Aku jatuh cinta dengan suasana jawanya.

CATERING

Pesan dari si bokap dan mama hanya satu, masakan banyakin masakan Indonesia, westernnya satu macem aja. Pesan dari si abang hanya satu, "Harus ada kambing guling ya Bek!". Dan karena bokap gua sering dateng telat ke undangan (dateng jam 8an lewat, kadang jam 9 kurang) dan sering keabisan makanan, dia wanti-wanti banget jangan sampe makanan kurang. Terus pas gua bilang misalnya jumlah undangan 500, berarti kita cukup sediain buat 800 - 900 orang aja, toh gak semua yang diundang bakal dateng. Dan nyokap gua langsung sewot "Ya gak bisa gitu dong! Tetep hitung 1000!".
Ampun mamake, saya belum pernah nikah.

Anyway, inilah tiga caterer yang akan gua mintain test food begitu udah DP gedung (semoga bokap gua mau gedungnya di Puri Ardhya Garini, amin)

1. Akasya

Catering yang dipake sama RI 1 pas mau kawinin anaknya. Harga relatif mahal, walaupun tetep masih ada yang lebih mahal (such as Bali Indah, Gandrung dan Ismaya). Tapi makanan udah pasti oke, baik yang makanan indonesia maupun western atau asiannya. Dan dekor buffet oke. Karena buat gua yang gak mau keluar uang banyak banget buat dekor ruangan, gua harap dekor buffet membantu mempercantik tempatnya nanti.

Dan berikut adalah beberapa menu andalan mereka (dan kemungkinan bakal gua pesen kalo pake mereka): Lontong Kikil, Empal Cirebon, Nasi Liwet (katanya sih lebih enak nasi hijau atau nasi pandannya gitu, tapi gua pilih nasi liwet karena lebih njawani dan katanya nanti ada mbok-mbok yang bakalan jaga, iye kagak penting), Selat Solo. 

2. Dwi Tunggal Citra (DTC)

Ini juga salah satu caterer tersohor di Jakarta. Harganya 11-12 sama Akasya. Makanan juga enaknya 11-12 sama Akasya. Dekor buffet juga 11-12 sama Akasya.

Menu andalan mereka yang bakal gua masukin list: Beef Braise something (lupa nama lengkapnya, tapi konon ini enak banget), Empal Gentong, Sup Kerapu (ini katanya enak banget juga, tapi gua gak nemu menu ini pas temen gua pake DTC), Lontong Kikil.

3. Alfabet

Ini juga tersohor, harga agak sedikit di bawah Akasya dan DTC. Dengan harga yang sama, gua bisa dapet lebih satu gubukan kalo dibanding DTC dan Akasya. Dan test food bisa berkali-kali (inget timbangan woy Ras). Tapi kayanya dekor buffet kurang kece alias standar. Tapi yah sekali lagi prioritas utama adalah makanan sih, tapi aku mau dekor buffetnya kece jugaaaa.

Menu andalan mereka: Gulai Tengkleng, Empal Cirebon, Selad Solo, Sate Manten. Mungkin kalo buat pasta dan menu western lainnya masih lebih oke DTC dan Akasya.

Udah sih, nominasi buat caterer tiga doang. Nyokap gua sih nanya kenapa gak mau Puspa, tapi konon katanya pamornya udah turun, performance udah gak sekece dulu. Dan gua gak mau ambil resiko buat catering deh. Tadinya kepikiran Bali Indah, tapi pas gua liat agak sedikit lebih mahal dari Akasya maupun DTC, gak jadi. Chez Inggrid juga sempet gua jadiin nominasi, tapi gua batalin dulu. Takut bingung milih kalo kebanyakan juga.


SANGGAR RIAS

Sanggar rias yang bukan cuma ngurusin make-up, mengubah gua yang dekil dan petakilan menjadi ayu dan njawani, tapi juga ngurusin baju. Dan pas lebaran kemaren, sepupu gua nanya "Ras, nanti nikah pake baju apa?" dan karena gua kaget dengan pertanyaan gitu, gua gak jawab. Namun gak nyampe sedetik bokap dan bude gua bilang "Ya Jawalah! Kan orang Jawa!" dengan waktu yang hampir bersamaan.
Sebenernya sih emang gua udah mau pake kebaya beludru warna hitam selayaknya bokap nyokap gua kawin lebih dari tiga puluh tahun yang lalu. Walaupun sebenernya, gua lebih pengen lagi pake dodotan. Kenapa? Karena kita bisa pake dodotan cuma pas kawin doaaaang. Kebaya mah bisa kapan aja. Tapi ini ditolak mentah-mentah sama si kekasih. Takut jadi korban cute kali yah. Cute, bukan kyut. Cute, cubit tete. Akhirnya setelah gua browsing-browsing, gua menjatuhkan hati ke beberapa pilihan:

1. Puri Kamaratih

Ini bisa disurvey langsung karena jaraknya gak jauh dari rumah gua, di Jatiwaringin. Dan udah tersohor karena riasannya sangat njawani, dan si ibu Kikynya sangat ngemong. Sering memberikan wejangan sambil ngerias, suka mijitin si pengantin biar rileks (iye, gua nyari perias bukan tukang pijit) dan dia masih ngikutin pakem-pakem. Jadi bisa dibilang dia bukan sekedar perias, tapi dukun manten.

2. Firma Melati

Ini sanggarnya deket sekolah gua dulu, di Jl. Talang, Salemba. Nyokap gua sempet bilang "Kamu nanti yang ngerias bu Sasongko aja, dulu Mama pake bu Sasongko,". Dan sebelum nyokap gua bilang gitu, si bu Sasongko sih emang udah mau gua survey. Walaupun gua lebih condong ke Kamaratih, tapi tetep mau ketemu dulu. Soalnya kan aku butuh ikatan chemistry dengan dukun mantenku nanti.

3. Kusumo Inten

Ini juga deket rumah gua. Gak deket banget sih, tapi masih satu daerah deh. Katanya yang ngerias masih muda. Makanya Kusumo Inten ini punya website. Coba sanggar rias lain, gak ada website, karena periasnya udah tua, pada gaptek. Dan pas gua liat di website, whoa keren baju dan riasannya. Dan gua udah mikir ini bakalan agak mahal. Dan pas gua minta price listnya, eh gak mahal-mahal amat sih. Walaupun gua tau ada yang lebih murah, tapi ini masih masuk budget gua. Eh bukan budget gua sih, budget dari bokap gua yang gua rela keluarin buat rias dan baju.

Tapi karena periasnya muda, ini yang bikin gua agak ragu. Karena aku butuh diemong sama si dukun manten. Aku kan manja. Tapi tetep sih, nanti mau didatengin, biar bisa cari chemistry.

Yang musti dicari dari jauh hari sih kayanya ini dulu. Yang lain bisa menyusul. Apalagi kalo cuma souvenir, undangan dan apapun itu, cukup tiga bulan kayanya. Dan lagi pula yang paling nguras dana kan ini. Jadi kalo ini udah di DP, bisa pake harga 2013, bukan harga 2014 (padang is in my blood!).

Mari berharap dan berdoa segala urusannya lancar. Amin.

2 comments:

  1. Replies
    1. Iyah, tapi gak jadi dipilih venue dan cateringnya. Jadinya ke Balai Kartini :-P

      Delete