Monday, August 26, 2013

Review Pertama

Akhirnya setelah berembuk, gak deng, gak berembuk, ngobrol bentar, entah lewat telpon ataupun Whatsapp sama bokap dan nyokap, kita putuskan Puri Ardhya Garini dicoret dari list venue. Karena itu ternyata minimal 1000 orang alias 500 undangan, dan kata bokap, sebanyak-banyaknya, bakalan "cuma" 800 orang. Akhirnya gua coba telpon beberapa venue, seperti Jakarta Financial Club, Balai Kartini, dan Wisma Antara.

Gua telpon wisma Antara, yang angkat cowok, baru juga halo langsung dibilang "Telpon sepuluh menit lagi bisa?" dan langsung gua coret dari list gua. Bego, gak sekolah ini marketingnya. Dia gak tau kalo para calon punya hajat itu sangat stres dan suka sensi terhadap hal kecil, eh dia bukannya bersikap ramah malah kaya gitu. Padahal sih kali aja marketing lain gak separah dia, tapi karena gua dapetnya yang ngeselin, langsung coret.

Kemudian telpon JFC. Dengan pertimbangan tengah kota (kurang tengah apa coba Jl. Sudirman?), tapi sayang gak ada hotel atau guest house disitu. Paling deket FX, di sebrang, which is ribet. Padahal marketingnya baik banget, ngirimin price list juga cepet, dan harganya gak semahal perkiraan gua, agak sedikit lebih mahal dari Balai Kartini. Dan dia juga langsung ngundang buat survey tempat. Gua sih kayanya gak perlu survey lagi karena kantor gua sekarang sering bikin acara disitu. Setiap tahun paling nggak, yaitu pas acara RUPS, alias Rapat Umum Pemegang Saham.

Terus akhirnya ke Balai Kartini, dapet marketingnya oke juga, masih muda, namanya Dewi. Untung banget dapetnya yang oke kaya dia, karena temen gua, si Slepi, dulu dapet marketingnya ibu-ibu dan kaya gak niat jelasin. Akhirnya diundang buat test food hari Sabtu kemarin. Jadi Sabtu siang test food Balai Kartini, Sabtu malam test food DTC di Patra Jasa.

Dan oh iya, hari Kamis jadinya gua ke Bidakara, dan marketingnya ngehe. Sekali lagi yah, ngehe. Gua kesana bertiga sama Tati, dan Ai. Dan mungkin karena gua dekil abis fitnes, gua jadi gak dilayanin dengan benar, dikira gak mampu. Hih, walaupun gua udah pasti gak mampu, tapi kan bokap gua mampu. Terus pas gua bilang mau coba test food, karena dia itu harus pake in-house catering, dia bilang harus DP dulu. Ya kalo udah DP ngapain juga gua pake test food dogol. Terus pas gua bilang bisa gak nyusup ke kawinan orang buat test food, dia bilang, tetep harus DP dulu. Ngok.

Akhirnya pada hari Sabtu siang yang cerah, setelah gua bolak-balik kamar mandi dan muntah-muntah selama gua mandi, gua berangkat ke Balai Kartini, janjian sama si Ditsu yang abis weekend duty. Sampe sana langsung ketemu sama mbak Dewi, nego-nego, nanya ini-itu, dan si Ditsu gak nanya sama sekali, akhirnya kita dipersilakan makan. Dan disana, yang test food itu bawa sekeluarga, lha gua? Berdua doang. 

Inilah review buat catering Balai Kartini yang katanya menjadikan William Wongso sebagai konsultan:

Stall atau gubukan:

1. Kambing Guling: Menurut gua enak, menurut si Ditsu lumayan tapi masih agak bau kambing. Dan menurut gua bau kambing ini masih bisa dibilangin ke chefnya supaya diilangin

2. Roast Duck: Enak, mirip sama yang di hotel Mulia

3. Soto Kikil: kata Ditsu enak, gua gak nyobain sih. Tapi itu mangkoknya gede bener, kebayang kalo makan sambil berdiri agak ribet

4. Roast Beef & Creamy Potato Au Gratin: Ya ampun, kentangnya jawara. Ini kejunya berasa banget, creamy, dan teksturnya yang gak kelembekan itu gua suka banget. Roast beefnya juga enak.

5. Beef teriyaki: Biasa, agak keasinan. Tapi ya gua gak minat jadiin ini menu gubukan dari awal sih

6. Mie Hitam Cumi: Menurut Ditsu biasa, tapi gua sih suka kuahnya yang seger itu.

Buffet:

1. Lasagna: Lumayan sih, tapi kejunya kurang banyak, tapi dagingnya melimpah

2. Ikan Dori entah diapain: Enak, gak banyak macem rasanya, tapi enak

3. Ayam entah diapain: Biasa, kalo bisa bakalan gua minta ganti menu buat ayam ini

4. Salad buah: Kata Ditsu enak kata Slepi juga emang salad buah maupun sayurnya enak disini

5. Corn Cream Soup: Kata Ditsu enak, tapi masih enakan sup jagung buatan almarhumah bude gua sih

Sayangnya gak nyoba nasi gorengnya, dan black pepper beefnya karena udah kekenyangan.

Dessert:

1. Fruit Cocktail Crepes: Es krimnya enak, tapi crepesnya dingin. Dan pas gua tanya pas hari H nanti apakah dimasak langsung atau kaya tadi yang crepesnya udah jadi, tinggal dihias-hias doang, dia bilang udah jadi. Jadi akhirnya gua putuskan gak pake crepes, paling cuma es krim. Karena es krimnya oke buat ukuran es krim kondangan. Creamy.

2. Sliced cakes: Biasa banget, kaya cake di pasar gitu. Maaf yah, tapi beneran deh, biasa banget.

3. Pudding: Kata Ditsu biasa, kata gua untuk ukuran pudding kondangan ini udah oke.

Pulang dari Balai Kartini, janjian lagi sama si Slepi untuk ikutan nyusup di kawinan orang di Patra Jasa dengan catering DTC. Gua dateng duluan, bahkan sebelum tuh manten naik ke pelaminan, dan si Slepi gua telpon masih di rumah si Berry di sekitar Pondok Kopi sono. Akhirnya gua dan si Ditsu, langsung nyobain makan DTC yang konon enak banget itu, dan inilah reviewnya:

1. Kambing Guling: Lebih enak dari Balai Kartini, tapi potongannya kecil banget, walaupun dikasih ke piringnya banyak, tapi jadi agak ribet sih gua makannya. Tapi ini sih masih bisa diomongin ke chefnya

2. Beef Braise and Potato Au Gratin: Enakan Balai Kartini. Potato Au Gratinnya biasa banget, kejunya gak creamy dan gua malah enek. Padahal katanya ini menu andalan DTC, tapi koq biasa banget. Atau karena standar potato au gratin gua udah dirusak sama Balai Kartini yang enak banget itu? Saus buat beef braisenya juga buat gua agak kemanisan eh apa keasinan yah, maaf lupa

3. Sushi: Dingin banget, dan si Ditsu ngambil tanpa jahe, wasabi dan soya sauce. Jadi makin kerasa biasa. Tapi gua juga gak mau masukin ini ke menu, karena, ehm, mahal.

4. Roast Duck: Keasinaaaaan, dan bau bebek

5. Cheesy spinach something: sekali lagi, standar masakan gua yang pake keju udah dirusak sama Balai Kartini, ini jadi terasa gak enak. Padahal katanya ini juga termasuk menu andalan mereka

6. Dim Sum: Ini enak. Sausnya pedas, jadi beda sama saus dimsum abang-abang

7. Pempek: Kata Ditsu "Enakan Pempek dari Lampung," susah emang kalo dibandingin sama pempek Lampung yang enaknya ngalahin pempek Palembang

8. Pudding: Masih enakan pudding Balai Kartini, tapi beda tipis

Menu buffet gak kemakan sama sekali, karena kenyang, dan tempatnya penuh banget. Akhirnya gua dan Ditsu melipir ke deket meja penerima tamu nungguin Chika dan Dito dari Bogor (nama samaran si Selvi dan Berry di buku tamu).

Untuk tempat, ruang Mawar di Balai Kartini itu sungguh kecil, langit-langit juga rendah, dan karena gua dateng pas masih didekor-dekor, jadi keliatan berantakan, kumel, gelap dsb. Tapi toiletnya sih gua suka, karena bersih dan lebih luas dari toilet Patra Jasa. Tapi Patra Jasa itu lebih luas dan langit-langitnya tinggi. Dua-duanya sih full carpet. Tapi Patra Jasa gak bisa pilih warna tema jauh dari merah, karena karpet dan hordengnya merah dan emas. Kalo ruang Rafflesia karpetnya sih koneng krem gitu. Kalo Mawar merah tapi :-(

Akhirnya setelah ngasih tau kekurangan ruang Mawar yang kecil dan ceiling pendek, bokap gua bilang "Ya udah, tambah aja undangannya, supaya kita bisa pake ruang Rafflesia," and I'm dancing with myse--elf *nyanyi*

Gua sendiri lebih condong ke Balai Kartini karena ada guest house disana, bukan guest house sih tapi boutique hotel dengan tarif yang pretty affordable, lower than published rate Bidakara or any other hotel. Dan pas di belakangnya ada Puri Denpasar, jadi kalo kurang kamar, bisa kesana juga. Dan penampilan luar atau dalam juga bagusan Kartini dibanding Patra Jasa. Tapi kalo undangan nanti gak nyampe 400, Patra Jasa masih tetep bisa disewa sih.

Pas denger cerita gua dan si Ditsu, bokap juga kayanya jadi lebih condong ke Balai Kartini. Dan si mbak marketingnya bilang pertengahan September nanti bakalan ada test food lagi, dan gua bisa dateng lagi. Nanti bakalan gua bawa tuh bokap nyokap dan juga Tati dan Ai ikutan. Katanya bakalan ada semacam wedding exhibition kecil-kecilan juga. Jadi kali aja bisa sekalian liat buat dekor dan souvenir.

Udah ah, mau nonton House lagi. *Ini efek ditinggal bos pulang kampung selama tiga minggu*.

3 comments:

  1. patrajasa pk warna Laen bisa juga qo.
    yang ini keren loohh
    :d


    http://owmo.tumblr.com/post/54024215651/sindy-kamil-weddingday

    ReplyDelete
  2. ini kayanya yang namanya Kamil itu temen SMAku deh. Warna merah di patra jasa tuh dominan sekali, jadi gak bisa dikasih warna lain yang gak senada. Padahal tempatnya udah enak.

    ReplyDelete
  3. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete