Monday, September 16, 2013

Open House & Food Tasting Balai Kartini

Sabtu kemarin akhirnya gua ke Balai Kartini lagi buat food tasting bareng sama bokap gua, dan ceweknya sodara gua. Karena sebelumnya gua udah cobain sih makanannya, tapi sama si Adit doang. Walaupun gua percaya sih sama lidah dia, karena dia termasuk bawel untuk urusan makanan. Pas awal gua masakin dulu, ada aja komennya, kurang pedes, kurang gurih, kurang manis, dll. Bikin nasi goreng sapi, gak mau pake daging cincang, maunya daging biasa, dan maunya dagingnya dibumbuin dulu sebelum dicampur sama nasi gorengnya. Intinya bawel. Tapi untungnya sekarang masakan gua lulus dari lidah dia. *menghela nafas lega*

Tapi, supaya bokap gua tau rasa masakan di Balai Kartini, akhirnya gua ajakin. Dan sekalian mau liat vendor foto dan dekor. Tapi seperti biasa, bokap gua itu tukang telat. Udah gua bilangin acara mulai jam 11, dia baru siap jam 11.30, dan akhirnya nyampe sana sekitar 12.30. Krik. Dan akhirnya vendor udah banyak yang pulang, seperti Rumah Kampung, Watie Iskandar, dll. Untungnya sih dekor buat foto masih ada.

Anyway, untuk food tasting, inilah reviewnya:

1. Salmon En Croute: Enak, tapi gua masih lebih pilih sashimi. Soalnya toh harganya juga sama. Tapi terus bokap gua minta ke marketingnya, boleh gak minta menu baru kaya grilled salmon atau grilled gindara. Marketingnya menyanggupi, dia bilang bisa koq request menu baru.
2. Empal Gentong: Gua gak nyoba, tapi kata bokap gua enak. Dan dia bilang enakan ini daripada empal gentong yang di Cirebon. 
3. Lontong Medan: Bokap yang nyobain, katanya enak, dan rendangnya enak banget. Emang lontong medan pake rendang ye?
4. Roast beef: Bokap keabisan roast beefnya, tapi dia nyobain kentangnya, dan dia bilang enak.
5. Roast Duck: Ini kenapa ngirisnya ngasal deh? Pas di food tasting sebelumnya irisannya rapi. 
6. Kambing Guling: Masih enak sih menurut gua. Dan menurut bokap juga gitu.
7. Sup Iga Sapi: Duh, standar gua adalah sup iga sapi buatan nyokap yang enak banget dan berani bumbu. Sup iga sapi ini bumbunya kaya plain. Tapi dagingnya empuk, dan rasa kuahnya seger. Jadi bisa dibilang emang beda jenis sama sup iga nyokap gua. Tapi enak.

Dan karena sebelumnya gak sempet cobain buffet, akhirnya gua main ke arah buffet, dan ngerasain balado daging kentang. Enak sih, garing banget, tapi bumbunya kurang ye, dan kurang pedes juga. Tapi harusnya ini masih bisa diomongin ke chefnya. Lasagna masih biasa.

Dessert: Pudding masih enak. Sliced cake masih biasa. Cupcake sumpah biasa banget. Fruit tarletnya enak.

Akhirnya kita datengin salah satu vendor dekorasi. Nanya wedding theme jawa dan putih gimana, gua mau liat portfolionya. Dan selama 10-15 menit itu dia gak ngasih liat foto buat dekor yang gua mau. Dia cuma ngasih dekor putih, tapi internasional, dan gua bilang yang jawanya gimana? Terus dia bilang "Ya nanti kita ganti dengan gebyok ukiran supaya ada nuansa jawanya," tapi gak ngasih liat foto gebyoknya. Terus gua minta quotation, dan itu harganya sekitar 60-70jutaan. Terus gua bilang kalo mau bunga lokal gimana, harganya kurang segimana. Dan dia gak jawab. Akhirnya gua kesel, gua langsung cabut dan pindah ke dekor fotografi. Dan bahkan kartu nama dia aja gak gua ambil. 

Akhirnya ke vendor fotografi. Vendor pertama itu Payu Fotografi, dan dia datengin meja gua, nawarin dan jelasin macem-macem. Kayanya itu satu-satunya vendor yang datengin calon kliennya. Okeh, nilai plus banget buat gua. Dia nanya gua butuh buat acara apa aja, gua bilang akad dan resepsi doang. Terus dia tawarin paket-paketnya, dan dia kasih tau dia bisa kasih bonus apa aja. Salah satunya bonus untuk photo booth. Dan marketingnya ramah banget. Dia juga pas gua minta portfolio langsung balik ke mejanya dan balik ke meja gua dan bawain beberapa albumnya. Aku suka tone fotonya, gak banyak editan. 

Terus ke Le Sae Fotografi. Masnya ramah banget. Dia ngasih semua portfolionya. Dan pas gua bilang gua gak suka tone fotonya, karena ketauan banget diedit, dia langsung ngasih album lain, yang fotonya sesuai dengan yang gua mau. Dan ngasih contoh album foto dll. Terus ngobrolnya juga asik pula sama dia. Dan akhirnya pas gua kasih tau kebutuhan dia apa aja, dia ngasih gua rincian harga dan juga diskon dll. Dan gua ambil paket paling standar tanpa prewedding, dan dapet harga kurang dari 20 juta. Tapi gak ada bonus photo booth :-(

Tapi masih masuk budget gua sih, karena gua emang budgetin foto gak boleh lebih dari 20 juta. Tadinya mau pake temennya si Mykel, tapi kalo gak rekanan, chargenya lumayan gede euy. Jadi gua pikir mendingan gua pake rekanan sekalian. Kalo buat temen Mykel mungkin bakal gua pake pas acara lamaran atau pengajian nanti.

Tadinya sih gua mau pake foto yang harganya dibawah sepuluh jutaan, tapi kata temen gua, vendor foto gitu mah tukang foto keliling, atau tukang foto buat acara kelurahan. Dan lagipula, setelah ngeluarin uang sampai ratusan juta demi acara sehari itu, pengennya kan masih ada sisanya, yaitu di dokumentasi. Kalau fotonya gak bagus, sayang dong uang yang dikeluarin. Bener-bener ludes tak bersisa hanya dalam satu hari.

Setelah itu, gua ajakin bokap gua survey ruangan dan juga boutique hotelnya. Acara open housenya sendiri diadakan di Rafflesia Ballroom, jadi tinggal liat ruang Mawar. Dan kebetulan lagi ada acara disana. Dan dekornya udah jadi sih. Tapi bodohnya, gak gua fotoooo. Hadeuh jenius tingkat tinggi. Tapi tetep, seperti yang gua duga, bokap gua gak gitu sreg sama ruang Mawar, karena ruangannya di lantai tiga, jadi harus naik-naik eskalator dan tangga. Ada sih liftnya, tapi itu gak langsung dari main entrance. 

Akhirnya kita survey si guest house alias boutique hotelnya. Hmm, not bad, agak kecil sih, tapi standard room lah kalo buat ukuran hotel. Dan disana gak ada type kamar lain, paling cuma type tempat tidur aja. Twin atau Double Bed. Yah, lagipula ratenya juga gak nyampe 500ribu, kalau plus pajak atau biaya service, mungkin jadi 500ribu. Quite affordable kan yah.





Argh, belum dapet vendor dekorasi dan rias tuh bikin deg-degan. Eh foto juga sih, karena kalo gak di DP dari sekarang, bakalan pake harga taun depan, dan biasanya naik sampai 20%. Lumayan banget kan?

*Pecut Adit buat survey vendor-vendor

5 comments:

  1. hai, giselle :)
    bole mnt tlg dikirimin PL le sae ga?
    le sae rekanan sm gedung resepsi ku jg
    mnt tlg email ke christinecinintya@yahoo.com
    makasi ya :)

    ReplyDelete
  2. urusan dokumetasi kepentok "rekanan" yah.
    heran deh pengelola gedung jabotabek kenapa seneng bgt dapet setoran tanpa kerja
    :D
    hehehe...

    ReplyDelete
  3. @christine: Udah aku kirim e-mail ke kamu yah.

    @owmo: aku sih gak masalah dengan rekanan buat vendor fotografi, soalnya pilihannya banyak juga.

    ReplyDelete
  4. hai giselle, salam kenal.. aku salan satu calon pengantin utk balai kartini awal tahun depan nih.. boleh berguru sama kamu gak? hehe aku jg blm dpt dekor.. boleh email2an ke hapsari_vina@yahoo.com makasii

    ReplyDelete
  5. Mba giselle, saya ad rencana buat di BK thn dpn.. blh tny2 info sedikit g, soal yg paket rafflesia.. kalau blh, bs email2an ke dian.aziza.damhart@gmail.com
    Thanksss

    ReplyDelete