Thursday, October 24, 2013

Lamaran

Proposal. Kalo di film Hollywood itu si cowok ngajak candle light dinner, terus si cowoknya down on one knee, sambil bawa cincin, terus bilang "Will you marry me?". Pokoknya romantis. Nah kalo di Indonesia, lamaran itu berarti ngelamar ke keluarga. Bawa seserahan, bawa baju, kain, kue, dll. Malah ada temen gua yang orang Flores, seserahannya pake kuda. Dia bilang "Kakek nenek gua di Flores itu kemana-mana masih naik kuda, Ras,"

Nah terus Ditsu ngelamar gimana Ras? Begitu doang, ngajak kawin, terus ngasih cincin dari tisu digulung-gulung. Krik. Akhirnya gua minta lamar ulang. Dan dia lakukan pas kita berdua ke Bandung, pas gua nganter dia sidang S2nya. Kita malemnya makan di Maja House, ada bintang, dikit sih, tapi lebih banyak daripada di Jakarta, terus dia lamar ulang. Dan beberapa bulan kemudian, mendadak dia ajak ke PEPeNERO. Dan gua mikir koq tumben-tumbenan.

Dan gua tolak pas dia ajakin ke sana. Karena gua lagi kucel, eh gak kucel banget sih. Cuma lagi pake terusan batik putih pendek, dan wedges crocs warna krem yang udah dekil pula, gua lagi gak ngerasa kece. Dan akhirnya gua ajakin ke Fish n Co Pacific Place. Dan ternyata pas lagi makan, baru dia ngelamar lagi, sampe pakein cincin emas putih di jari gua. Mas, jangan dilamar lagi yah, deg-degan berat inih. Gak kuat inih.

Dan akhirnya dari lamaran perorangan, mulailah lamaran ke keluarga. Yang akan diadakan pada bulan Februari depan. Kenapa Februari? Karena abang gua lagi pulang ke Indo. Gua mau pas gua lamaran itu ya ada dia. Dan gimanakah lamaran di Jawa itu? Ribet, upacaranya banyak banget. Jadi supaya lebih praktis, diputuskan untuk diperingkas, dibikin lebih sederhana, yaitu cukup dia membawa keluarga besarnya ke rumah gua. Terus dia bawa seserahan, dan kemudian gua bales dengan angsulan (eh bener kan ye namanya angsulan?).

Seserahan itu sendiri isinya barang-barang kebutuhan gua. Mulai dari peralatan mandi (lotion, sabun, shampoo dll, dibeli di Marks and Spencers dan juga Body Shop), sepatu pesta dan sepatu kerja (dua-duanya Pedro), Clutch dan tas (Charles & Keith dan Aldo), sampe ke undies serta lingerie (niatnya mau cari La Senza, supaya lucu dan menggoda *apeu), kain songket Lampung, bahan kebaya (belom beli, belom sempet nyari), peralatan shalat dan Quran (Quran udah, mukena belom, nyokapnya yang mau cariin katanya), dll.

Terus kalo angsulan itu apa Ras? Angsulan tuh kaya balasan seserahan dari wanita ke pria. Biasanya sih makanan. Nyokap gua bilang mau kasih rendang buatan kakaknya yang enak banget itu, terus kue kering (udah ngincer beli di gedung Energy, enak, tapi mahal. Mahalnya di tempat doang sih kayanya, karena pake stoples lucu dari kaca. Buat nambah-nambahin, kasih kue kering beli di Kemcik yang si Ditsu suka juga), lapis legit (kepikiran beli di Harvest), puding dll. Nyokap gua usulin kasih kue apem. Gua bingung asli, koq dia kepikiran apem ye? Gua kalo denger kata kue apem, otak gua langsung ke si Kasino "Apemnya tante enak,".

 Dan dari lamaran aja udah dimulai perseteruan gua dan nyokap gua. *garuk2 tembok.

Contoh kasus adalah sbb (iye, sampe gua nomerin, saking banyaknya):

1. Waktu pelaksanaan. Nyokap gua maunya oktober taun ini, pas si Ditsu wisuda. Jadi kan bokap nyokapnya ke Bandung, berarti ke Jakarta dulu. Jadi bisa sekalian lamaran. Gua kagak mau, karena gua mau ada abang gua, yang berarti Februari taun depan. Lagipula, Oktober taun ini kecepetan, tapi nyokap gua insist, dan gua insist. Berantem. Tapi akhirnya diputuskan pas abang gua pulang, karena pokoknya gua mau pas ada abang gua.

2. Tukeran cincin apa kagak. Nyokap gua mau pake acara tuker cincin segala, gua sih kagak. Karena gua pikir, toh si Ditsu udah kasih gua cincin emas putih, dan kalo pake cincin lagi, sayang amat cincin banyak-banyak, dan gua kan bukan emak-emak arisan yang cincinnya berentetan di hampir tiap jari. Mending nanti aja pas akad nikah. Ini dibahas sampe berhari-hari. Dan akhirnya diputuskan, dia kasih perhiasan aja buat peningset, alias pengikat. Eh iya bener kan yah istilahnya itu? Walaupun gua masih agak gak ikhlas, karena bakalan jarang gua pake, tapi kata si Ditsu "Udah gpp, buat kamu pake kalo nanti kondangan,". Okeh.

3. Tamu buat lamaran. Gua mikirnya, temen deket (yah kalo ada yang mau dateng juga sih, temen gua dikit pula, apalagi temen deket. Masih sedikitan pahala gua sih), dan sepupu-sepupu gua, serta keponakan-keponakan gua (yang seumuran sama gua itu) bisa dateng. And I want them to be there actually. Dan nyokap gua bilang bolehnya yang dituakan dan sesepuh aja. Dan gua udah bilang, jaman sekarang, temen dan keluarga deket tuh dateng, beda sama jaman doi. Dan tetep sampe sekarang masih adu argumen.

Tiga di atas baru sebagian dari perseteruan gua dan nyokap gua. Dan nyokap gua itu asli, kagak bisa ditentang banget maunya apa. Udah gitu, she knows nothing, karena yah ini kan baru pertama kalinya dia mantuin, nah gua, gua sih know nothing juga, tapi kan gua rajin banget baca forum di Female Daily, dan gua juga nanya-nanya ke temen gua yang udah pada kawin. Jadi at least, gua tau kebiasaan umum orang gimana.

Dan kemudian, balada selanjutnya adalah kebaya lamaran. Kebaya lamaran kan berarti harus simpel, dan gua emang maunya simpel. Simpel tapi manis gitu, kaya mukanya si Hugh Laurie. Anyway, gua sempet gugling kebaya lamaran, dan pas gua buka, satu jenis semua. Kebaya lengan pendek atau setengah lengan, dengan semacam "obi" atau ikat pinggang dari kaen yang warnanya lebih tua dari warna kebaya. Koq kayanya basi bener yah. It was so last two years (songong). But I cannot picture something better though.

Yah udahlah, pikirin nanti aja buat model kebaya lamaran. Kurusin badan dulu aje, biar gua gak kaya buntelan daging berlapis kebaya. Mana nyokap gua beliin bahan kebayanya warna hejo, duh makin kaya lontong gua. Apa arem-arem?

Anyway, buat foto acara lamaran, karena foto buat kawinan udah mahalnya keterlaluan (hampir 26jutaan pake Le Sae, belom DP sih, tapi hampir pasti pake mereka. Karena marketingnya ramah dan sangat mengejar gua. Duh I have soft spot buat marketing yang menyenangkan sih), akhirnya kepikiran pake jasa foto temennya temen gua. Yang semoga, gak mahal-mahal amat. Yang kalo bisa dibawah lima juta. Gua belom pernah ketemu sama dia, dan belom pernah liat portfolionya sih, tapi kata ceweknya si miki "Ih Ras ganteng deh, berkarakter,". Pfft. Dan si miki sendiri bilang "Yah menurut gua bagus sih, lo taulah taste gua gimana," dan makin pfft.

Udah ah, pusing. Baru mau lamaran udah pusing. Belom akadnya. Belom resepsinya. Pengen langsung loncat ke bulan madu aja bawaannya.

No comments:

Post a Comment