Friday, November 1, 2013

Upah Minimum

Dari kemaren di Twitter banyak banget yang ngomongin masalah buruh. Ada yang lebaynya amit-amit banget belain buruh. Iye, belain buruh cuma pas lagi demo gini, elo sendiri bayar pembantu di rumah lo berapa nyet? Nyampe sejuta juga kagak kan? Kasih dia libur pas sabtu minggu kagak? Kagak juga kan? Ngehek. Sekali lagi ye, ngehek. Kiss ass koq ke buruh, mending kiss ass ke Hugh Laurie cuy. 

Harusnya sih yang jadi Sherlock Holmes dia aja, jangan RDJ. Tapi yah gara-gara Susan juga sih. Bisaan banget tuh orang aji mumpungnya.

Gua dulu pernah baca di blog orang, gua lupa blognya apa, gua coba cari di gugel juga kagak ada. Sayang banget, padahal tulisan dia tentang upah minimum tuh bagus, dan sangat mudah dimengerti. Intinya gini, kalo upah tenaga kerja di Indonesia ketinggian, para investor asing bakalan mikir ribuan kali buat buka usaha disini. Ya kali deh, lulusan SMP dan SMA minta gaji 2 juta. Cuy, gua lulus D3, gaji gua kagak nyampe dua juta dulu. Gua pernah ngerasain gaji satu koma delapan juta. Kagak dapet uang lembur pula, padahal lumayan sering lembur. Temen gua juga lulusan MIPA UI, S1, ipk lumayan kece, gaji kagak nyampe 3 juta.

Mungkin karena keluarga gua berkecukupan, gua juga masih tinggal sama orang tua, gua gak terlalu mikirin gaji dan gak terlalu peduli gua lembur tanpa dibayar. Gua baru kesel pas gua telat gaji gua dipotong. Dan disitu gua ngerasa, brengsek amat nih perusahaan, gua lembur sampe jam 10an gak dibayar, gua telat satu jam gaji dipotong. Barulah gua mulai cari kerja di tempat baru. Dan gua juga dipindahin ke bagian administrasi sih, kerjaannya dijamin ngebosenin. 

Okeh, balik ke topik. Menurut lo bakalan ada gitu pihak investor yang mau buka usaha di Indonesia, yang infrastrukturnya jelek, sumber daya manusianya juga gak kece-kece amat (kece: jujur, etos kerja baik, gak pernah telat, giat bekerja, sopan dan inisiatif), terus upah buruhnya dinaikin terus? Ya mending dia nanem modal ke negeri lain yang upah buruhnya kecil tapi infrastruktur bagus. Atau upah buruh lumayan tinggi tapi infrastruktur juga bagus sekalian. Nah Indonesia? Infrastruktur busuk, SDM busuk.

Nah kalo infrastruktur kita bagus, SDA dan SDM kita bagus, apalagi kalau untuk blue collar worker maupun white-collar murah, pasti banyak investor yang mau kesini. Nah begitu mereka invest disini, upah pasti lama-lama akan ikut naik. Kenapa? Misalnya nih perusahaan A investasi di Indonesia, bikin pabrik dll, bikin kantor dll, terus kasih gaji buat buruh paling rendah itu 1,5 juta. Terus muncul perusahaan B, ikutan investasi di Indonesia, dia (kemungkinan besar) akan memberikan standar gaji yang slightly lebih besar dari si A.  Karena biasanya perusahaan asing itu sadar sih gaji buat pegawai itu bukan cost, tapi investasi. Akhirnya pelan-pelan tapi (hampir) pasti (karena gak ada yang pasti di dunia ini selain kematian, tssaaah), gaji para buruh naik. Hip hip hura kan kita semua?

Nanti giliran gak ada yang mau buka usaha di Indonesia, lapangan kerja kagak ada, pada demo lagi kan lo cuy? Sebenernya sih kalo yang buruh demo-demo gitu gua biasa aja, gak kesel. Soalnya mereka kan not well-educated juga. Nah yang bikin gua mau muntah sih orang-orang yang mengenyam pendidikan tinggi, tapi pemikirannya masih cetek aje. Mending dongo tapi diem, ini udah dongo bawelnya setengah mati.

Tapi yang nyela-nyelain demo buruh juga ngehek sih. Ya elo enak, hidup lo cukup. Gaji tiga juta, masih tinggal sama orang tua. Lha mereka, gaji dua juta udah hidupin keluarga. Terus maki-maki demo buruh karena bikin macet, tapi ikutan lomba marathon jakarta kemaren yang bikin macet juga pas weekend, lari gak seberapa, buang sampah sembarangan, foto-foto di jalan, posting di instagram dan path pake hape yang cicilannya belom lunas. Dasar Kelas Menengah Ngehe. Otak ngehe, kelakuan ngehe.

Ya salah pemerintah juga sih, infrastruktur jelek, hak buruh buat kesehatan juga minim dan miris. Jadi gaji kecil ya makin ngenes aja hidup di Jakarta. Mau balik ke kampung ngangon sapi atau nyangkul di sawah, harga beras lokal malah turun. Apa-apa diimpor, padahal SDA kita banyak, SDM banyak, tapi gak diurus. Yah pemerintahnya emang ngehe sih. Presidennya galau mulu bikin lagu, curhat terselubung mulu pula, istrinya sensian amat pula di instagram. Buset dah, gini amat yak nih negara?

*padahal gak pernah nyumbang apa2 juga buat negara, tapi bawel minta ini itu* *ya udah sih, maap*

Nih gua kasih foto Hugh Laurie aja biar pada adem baca postingan gua yang banyak banget kata ngeheknya.

Enjus aku dong, enjuuus

2 comments:

  1. Baguss gua demen gaya bahasa Anda! Singkat kata, WELL SAID!

    ReplyDelete
    Replies
    1. T...thanks I guess? For giving me compliment for many ngehe words above there.

      Delete