Monday, January 20, 2014

Low Self-Esteem

Inget gak beberapa bulan yang lalu sempet ada seorang pria yang sangat nge-hits bernama Vicki Someshit? Lupa gua nama panjangnya, ogah juga nginget-nginget. Intinya dia ngehits banget karena pacaran sama penyanyi dangdut yang konon ternama, padahal gua sendiri aja kagak pernah denger nama doi sama sekali.

Si Vicki ini terkenal karena dia ngomong pake bahasa Inggris berantakan, kagak jelas artinya, kaya bahasa Indonesia diinggrisin. Dan video dia nyebar lewat Path, Twitter, dan walaupun gua udah jaraaaang banget buka, tapi gua yakin video-video itu ada di Facebook. Bahkan sampe ada tutorial mengartikan bahasa Inggris si Vicki ini. Beuuuh, hits tak terbendung.

It was funny, for a while. And in my case, for a while means 2-3 days. But people made a fuss about it for more than a week, or maybe almost a month. And it got me thinking and wondering, why people had this kind of euphoria to mock him. Bahasa Inggris dia jelek? Come on, palingan juga dia sekolah di daerah, kuliah di daerah, and not the good ones. Bahasa Inggris dia ancur? Ya elah, banyak orang yang sekolah dan kuliah di sekolah dan universitas ternama juga bahasa Inggrisnya ancur, gak bisa bedain noun dan adjective. 

Gak usah bahasa Inggris, bahasa Indonesia aja masih banyak yang ancur. Kuliah sih boleh S2, tapi gak bisa bedain "di" sebagai imbuhan atau kata depan. Dan orang-orang yang jelas-jelas gak lebih baik dari si Vicki Someshit inilah yang heboh banget nyela dia. Come on, guys, you're just as bad as him.

Good Lord, are your self-esteem that low, so you need to degrade others to feel good about yourself?

Dan dulu jaman gua SMP sampe SMA, gua sering nonton VH1, yang ngegosipin artis, nyela artis, judge para artis. Si Barbra Streissand ternyata mukanya aneh banget tanpa make up, Kelly Clarkson ternyata mukanya tembem dan kaya abis ngobat semaleman tanpa make up. Dan gua sering nonton ini karena menarik aja sih. Tapi setelah itu gua baca ada artikel, gua lupa baca dimana, dan ditulis sama siapa, intinya adalah, kita senang nonton yang begituan karena kita merasa, "Ikh artis yang segitu kecenya, ternyata kecenya palsu, permakan semua, mendingan gua, kagak kece tapi aseli, orijinal,".

We ARE that pathetic.

Atau ada yang follow Farhat Abbas di Twitter, terus nyela, bilang dia dongo banget, kagak tau diri. Si Farhat komen apa, bikin statement apa, dicela, dikomenin, rusuh! Padahal udah jelas dia itu caper banget, dia tau semakin dongo komennya, semakin rame orang ngomongin dia. Orang kaya dia ngapain dikasih panggung? Cuekin aja. Nanti juga diem sendiri kalo kagak ditanggepin.

Atau, pasti ada deh, di kumpulan temen kita yang sukanya nyela nyinyir. The one who always make a negative comment about us, but not in a supportive way. Beneran nyinyir. I have some, and I don't even wanna consider them as my friend, just a colleague. Mereka selalu komenin orang lain, nyela abis-abisan, seolah diri mereka yang paling bener. Padahal mah kagak ada bener-benernya. Gak lebih baik juga dari orang lain. And if you have that kind of colleague, just ignore. Makin ditanggepin, makin kesenangan orangnya.

Dan kalo ada yang baca tulisan gua ini, dan merasa tertampar karena ngerasa sebagai orang yang self-esteemnya rendah, daripada ngurusin orang, mending urusin hidup lo aja sendiri, sama urusin aja sana keluarga lo yang metal-metal.

Sekian dan namastelah.

1 comment:

  1. Laraaaaas, dimana looo.. hadoooo susah banget ngubungin lo.. aris ni.. kontak gw please, 081319163500.

    ReplyDelete