Wednesday, March 31, 2010

Under the Rose, by Akari Funato

Lagi suka banget sama komik ini. Pertama kali ngeliat komik ini gak terlalu berminat, hehe... Level comic beneran harus belajar gimana cara buat ringkasan cerita yang dicetak di belakang cover buku supaya bisa menarik perhatian dan minat. Karena sumpah, ringkasan ceritanya biasa banget...

Tapi karena waktu itu lagi gak ada bacaan, gw belilah kedua volume komik itu. Dan begitu gw baca volume pertama, dammit, I totally in love with this manga!

Settingnya adalah Inggris di Victorian Era, dan menceritakan keluarga Count Roland. Eh nggak deng, awalnya menceritakan kisah penyelidikan Linus King, anak sulung dari keluarga Marquis King, Grace King dengan Count Roland. Ia datang ke kastil Count Roland untuk menyelidiki kematian ibunya, Grace King yang merupakan seorang governess (guru privat perempuan) keluarga Count Roland itu.

Ada yang bilang kecelakaan. Tapi entah kenapa, si Linus yakin banget kalau ibunya itu mati dibunuh oleh salah satu penghuni kastil Roland. Bukan gak beralasan sih, soalnya si Count Roland itu punya istri sah yang bernama Anna. Jadi mulailah dia berspekulasi bahwa bisa saja pembunuhnya itu Anna, istri resmi Count Roland, atau Count Roland sendiri setelah tahu bahwa Linus dan Lawrence itu bukan anak dari Count Roland, tapi anak dari Grace King dengan temannya yang seorang penyair.

Tapi setelah penyelidikan yang lumayan panjang, barulah ketahuan kalau Grace King itu bunuh diri pada saat berada di bawah pengaruh opium. Dan kenapa dia bunuh diri? Karena dia menerima surat dari Linus yang mencaci dia.

Jadi yah bisa dibilang pembunuh ibu dari Linus dan Lawrence King itu ya Linus sendiri.

Tapi kita juga gak bisa menyalahkan Linus, karena kita bisa ngeliat bahwa sikap kerasnya itu adalah karena didikan kakeknya yang sangat menjunjung tinggi kehormatan keluarga. Kita juga gak bisa menyalahkan Grace King, karena sebenarnya dia sangat sangat baik, tapi penolakan yang dilakukan oleh ayah dan anaknya sendiri berpengaruh besar pada mentalnya.

Satu yang sangat sangat gw suka dari komik ini adalah, komik ini anti hero. Gak ada yang benar-benar jahat, gak ada yang benar-benar baik.

Adik Count Roland bisa sangat jahat adalah karena ia sangat ingin menjaga kenangan tentang keluarga itu, eskpresi kesepiannya setelah orang tua dan hampir semua saudara kandungnya meninggal karena kecelakaan dan disusul dengan kematian suaminya. Istri Count Roland, Countess Anna Roland yang selalu menyendiri dan keras juga ternyata punya cerita sendiri.

Ini seperti menemukan novel anti hero di jaman merebaknya Leo Tolstoy! Seperti menonton Watchmen di tengah gempuran Batman, Superman, dan Spiderman


Under the Rose 1














Under the Rose 6, latest volume in Japan...

8 comments:

  1. yup bener, ni cerita seru banget~~~tau situs buat downdload vol 6nya??

    ReplyDelete
  2. Wah saya juga gak tahu tuh...
    Sayangnya manga ini juga gak ada di onemanga
    mungkin karena di Jepang sendiri manga ini kurang populer yah...

    btw, situs buat download vol 1-5 dimana yah?

    ReplyDelete
  3. pertama kali g liat neh komik juga i am not interst..
    tapi pas g coba baca di manga online..
    g jadi suka mah nih kmk,akhirnya beli juga deh karena menurut g ini komik bagus banget and beda dari yang lain!!

    ReplyDelete
  4. klo vol 1-5 bs di download di www.mangahelpers.com
    cuma masih pake bahasa jepang...

    ReplyDelete
  5. volume 5 endosiahnya lamaaaa banget ga ada2..:'(

    ReplyDelete
  6. vol5 yg indo lagi ditranslate ama pihak level.. mari kita sabar menanti ^^

    ReplyDelete
  7. buat yang suka Under the Rose, kmrn baca di forum Elex, katanya udah terbit yang no 5. Monggo dicari...

    ReplyDelete