Tuesday, February 18, 2014

Dukun Manten

Dukun manten adalah sebutan buat orang yang diharapkan bisa menyulap gua, yang, errrr, belingsatan gak jelas gini, jadi manglingi bak putri Solo yang dipingit pada saat hari pernikahan. Kenapa gak Make-Up artist aja gua pakenya? Karena, emang harus ada unsur klenik buat nyulap gua kayanya, make up artist doang kagak cukup. 

Beda antara Dukun Manten dan Make-Up Artist itu apa? Mungkin kalo dari segi peralatan, Make Up Artist lebih yahud, foundation merk MAC, blush on pake dari MUFE, atau semacamnya. Tapi Dukun Manten itu punya pakem tersendiri untuk riasan jawa. Bukan cuma memperhatikan yang cocok untuk bentuk wajah, tapi mereka punya cara sendiri buat bikin manglingi.

Beberapa pakemnya adalah, sang dukun manten ini harus seorang ibu-ibu, harus sudah punya anak baru bisa ngerias orang. Pada saat merias, dia harus puasa, dan pada saat dirias gak boleh ada cermin di ruangan, dan di ruangan itu hanya boleh ada gua dan dia, paling ditambah asistennya. Jadi kalo ada fotografer, dia gak boleh moto saat acara penyulapan si manten itu. Dan biasanya beberapa hari sebelum hari-H, si manten diharuskan puasa mutih. Yaitu cuma makan nasi putih, dan minum air putih. Krik.

Nah baru ada dua dukun manten yang gua sambangin, yaitu Puri Kamaratih (ibu Kiky) dan Firma Melati (ibu Tatiek Sasongko). Berikut review dari kedua dukun maten:

1. Bu Kiky (Puri Kamaratih)

Ibu ini sangat sangat njawani dari tutur kata, gerak-gerik, dan semuanya. Kalo dia nyaranin apa, terus gua ngasih usul apa gitu, dia cuma bilang "Yo monggo, terserah mantennya gimana enaknya,". Contohnya pas dia nyaranin gua pake paes jogja. Katanya buat muke bulet kaya gua gini, bagusnya paes jogja, dan karena bapak gua dari Magelang which is lebih deket ke Jogja dibanding Solo, harusnya pake paes jogja. Tapi gua pengen kaya mbok jamu, jadi maunya paes solo. Maunya pake kebaya solo putri.

 Ini paes solo, tapi lupa dari sanggar mana

Ini paes jogja dari sanggar Liza kalo gak salah

Terus pas ke ruang koleksi kebaya dia, gede bener itu ruangan, dan isinya kebaya serta beskap atau atela atau apalah itu namanya. Ada berbagai macam warna, dan ukuran. Disimpen di lemari warna putih, terjejer rapih. Dan pas gua dikasih kebaya gua, dan pas gua coba pake, ya ampuuuuun, kece beraaaaat. Asli bagus bangeeeeeeeeet. Sungguh kece, tapi langsung minder. Eh ini baju udah kece berat gini, kalo gua kagak manglingi juga gimana coba? Salah gua? Ya emang sih salah gua, jadi calon manten gini amat bentuknya. Tapi pas nyoba bajunya, pengen gua poto gak boleh sama bu Kiky. Katanya pamali, mendahului. Ya udah deh, padahal kece berat euy. Dan pas gua gugling tentang bu Kiky ini, ada koq yang poto2 pas nyoba baju, dan dimasukin ke blognya tuh. Krik.

Beskap atau Atela (maap,saya gak ngerti bedanya, dan males buat gugling) buat si Ditsu juga oke banget, kece berat. Rada heboh, tapi somehow bagus, dan gak norak, gak dangdut. Terus langsung coba selop dan blangkon juga doi. Kan kan kan, gua kan bawaannya jadi pengen langsung moto kita berdua, sebar2 di path atau pesbuk atau twitter atau apa keq, intinya pengen pamer.

Dan mulai dari pas nyoba baju, sampe duduk lagi di ruang tamu dia, dia cerewet banget kasih wejangan. Gimana nanti kalo udah jadi suami istri, gimana tetap harus menjaga komunikasi, saling sayang, harus terus menjaga nama baik, dan sebagainya. Dan gua sama si Ditsu langsung liat-liatan gak penting.

Tapi dia gak terlalu klenik koq. Pas gua tanya harus mutih apa nggak, dia bilang gak usah. Tapi puasa aja Senin Kemis, shalat, dan sebagainya. Jadi udah lebih modern.

Harga paketnya untuk akad dan resepsi itu 20jutaan. Tapi cuma buat make up, sanggul, kebaya, kain sang manten dan orangtua manten. Sodara kandung, di luar itu. Untuk cucuh lampak dikenakan biaya sejuta, gamelan klasik lengkap sepuluh juta. Untuk tambahan make up (misalnya buat among tamu) 125ribu, buat sanggul atau jilbab 125ribu, sewa kain, dan pakein, 100ribu lagi. Ngok. Mahal yeh. Kayanya buat among tamu, cari make up artist yang lain aja.

 2. ibu Tatiek Sasongko (Firma Melati)

Ini salah satu dukun manten pemain lama, kalo gak salah dari jaman emak gua, dia juga udah ngehits nih si Firma Melati. Dengan pemikiran pengen bandingin harga, kali aja bisa dapet kualitas sekece Kamaratih dengan harga miring, berangkatlah gua ke Jl. Talang, Proklamasi sama si Ditsu kemaren. Dan ya ampun itu rumah, nyeremin bener asli. Penuh patung, depan taman ada pohon kamboja, dan emang keliatan kaya rumah tua gitu. Nuansa jawa kleniknya emang dapet banget sih. Buahahaha, wait.

Terus pas gua bilang mau coba baju beludru hitam, dia kasih satu model, dan gua coba. Dan, errr gua agak kurang suka. Karena modelnya, itu jawa kuno banget, yang panjangnya cuma sepaha, sedangkan yang dari Kamaratih kan menjuntai sampai lantai, kaya jubah, berasa jadi Hermione Granger gitu (ngaku-ngaku, padahal mah lebih mirip sama Luna Lovegood, persi buku tapi, yang cupu). Dan kata si Ditsu rada bau apek. Tapi ini mungkin karena gua surpeynya hari Senin, dan kali aja itu baju abis dipake hari Minggu, jadi belum sempet dilaundry.

Harga emang lumayan miring, setengah si Kamaratih. Harga buat make up, sanggul, kebaya dan sebagainya buat manten dan keluarga (orangtua campur sodara kandung manten), itu sepuluh juta saja buat akad dan resepsi. Cucuk lampah dihargai 600ribuan, gamelan klasik lengkap itu empat jutaan saja. Untuk make up among tamu, gua lupa pastinya berapa, tapi pokoknya masih di bawah harga si Kamaratih deh. Maapkeun saya agak kurang membantu.

Untuk paes dan make up manten putrinya oke sih, jawa banget, kece. Tapi buat manten kakungnya, errr, ada beberapa foto yang gua liat, keliatan banget dibedakinnya, dan keliatan banget itu idungnya pake shading biar keliatan agak mancung. Kesian si Ditsu keliatan banget didandanin. Dan ada lagi yang bikin rada kurang sreg sama Firma Melati ini, gua gak bisa ketemu sama bu Tatiek Sasongkonya, jadi deal dilakukan sama mbak Dewi Sasongkonya. Padahal kan aku mau manja, mau bonding dulu sama si dukun manten, pengen tau cocok apa nggak sama doi. Iye, emang gua ribet, mau apa lo? Hah? Hah???

Dan setelah dipikirkan dengan baik, kayanya gua dan Ditsu emang condong ke Kamaratih. Mari cepetan deal, biar tinggal cari pendor dekorasi yang mahalnya gak tau diri itu. Roaarrr!

1 comment:

  1. tithole titanium white dominus - Vitanium Arts
    tithole titanium white dominus. Our online marketplace titanium vs steel is a place for the titanium trim as seen on tv best tithole 2014 ford fusion energi titanium titanium white titanium white acrylic paint dominus of all nano titanium time.

    ReplyDelete